• Berita Bisnis dan UKM

globaldefensenews.com – Ketika akan menjalankan suatu bisnis, seringkali kita dihadapkan dengan masalah utama seperti kesulitan memulai kemudian diuji dengan kemampuan finansial atau keuangan. Selain itu, menentukan sumber modal usaha untuk perorangan juga penting ditentukan sejak awal guna mendukung kegiatan bisnis Anda. 

Sebenarnya ada dua jawaban atas bagaimana dan dari mana modal usaha didapatkan setiap pengusaha, Yang pertama, Anda mendanai sendiri seluruh kebutuhan bisnis yang akan dibangun atau mendanai bisnis tersebut dengan mencari investor. 

Saat ini, kebanyakan pebisnis pemula percaya bahwa sumber dana dari investor lebih baik dan mudah dicari jika dibandingkan dengan mengeluarkan uang pribadi. Selain suntikan dana yang didapat sangat banyak, para pebisnis pemula juga dapat segera menjalankan bisnis dan mengembangkannya tanpa lama menunggu dana pribadi terkumpul.

Bagi para pebisnis pemula, ketahuilah bahwa masa depan bisnis Anda tidak selamanya dapat digantungkan kepada investor. Sebab, membuat para calon investor percaya dan menyuntikkan dana ke bisnis yang Anda jalankan membutuhkan banyak upaya. Tentu saja bisnis yang ingin didanai tidak dipilih para investor secara sembarangan, apalagi situasi sekarang sedang krisis karena pandemi. Para investor tentu akan lebih selektif memilah dan memilih jenis usaha yang ingin didanai setelah memperkirakan prospeknya di masa depan.

Baca Juga : 5 Marketing Channel untuk Strategi Marketing Bisnis Semakin Ampuh

Berikut ini ada beberapa penjabaran mengenai sumber modal untuk usaha perseorangan yang paling banyak digunakan selama pandemi dan cara menentukan yang paling tepat. Silahkan disimak.  

Dana Pribadi atau Investor, Mana Sumber Modal yang Paling Tepat?

Dana Pribadi sebagai Sumber Modal Usaha

Keputusan paling tepat setiap pebisnis pemula untuk sumber modal awal usaha adalah dari dana pribadi. Menggunakan dana pribadi dapat membuat Anda sedikit bersantai dan tidak perlu terburu-buru memikirkan bisnis harus secepat kilat memberikan keuntungan. Anda hanya perlu bertanggung jawab kepada diri sendiri dan bukan kepada pihak lainnya. 

sumber modal usaha dari kredit tunaiku

Meskipun demikian, sebisa mungkin rencanakan dan pikirkan dengan matang strategi mencapai masa depan bisnis menjanjikan kedepannya. Untuk menjamin perjalanan bisnis yang dilakukan, sangat penting untuk Anda terapkan sikap disiplin. Karena baik itu mendanai bisnis dengan pribadi ataupun suntikan dari pihak luar, seorang pebisnis yang ingin sukses tidak dapat bersikap seenaknya saja. 

Bisa-bisa tidak ada keuntungan yang bisa digenggam dari bisnis yang dijalankan sejak lama. Jika Anda lalai dan kurang memperhatikan hal sepenting ini maka kerugian sudah pasti dialami. Sederhananya, sumber modal usaha untuk perorangan dari dana pribadi memiliki kelebihan berikut ini. 

  • Keputusan bisnis dapat dibuat secara bebas
  • Mencapai keuntungan dengan lebih santai atau tidak terburu-buru
  • Tidak mengandalkan investor untuk menggerakkan usaha. 

Sedangkan untuk kelemahan modal usaha dari dana pribadi adalah berikut ini.

  • Nominal yang terlalu besar membuat kesulitan individu mencapai jumlah modal yang diinginkan.
  • Mengajukan pinjaman dana atau memiliki tabungan sendiri.
  • Menanggung sendiri seluruh beban biaya usaha. 

Jika sudah menabung lama tetapi modal usaha tidak segera terkumpul juga maka solusi terbaik memang datang dari pinjaman. Sumber pinjaman sendiri juga cukup banyak pilihannya, bisa datang dari lembaga perbankan, rentenir atau aplikasi pinjaman online terpercaya.

Sesuai dengan kondisi pandemi saat ini, Anda lebih disarankan untuk mengajukan dana pinjaman dari aplikasi Tunaiku. Mengapa harus dari Tunaiku? Berikut beberapa penjabaran keuntungan menjadikan Tunaiku sebagai sumber modal untuk usaha perseorangan. 

1. Status Pinjaman Bisa Lebih Cepat Diketahui

Keunggulan pertama produk pinjaman atau kredit untuk modal usaha dari Tunaiku datang dari kecepatan dan kemudahan pengguna mengetahui status pinjaman yang diterima atau ditolak oleh aplikasi online tersebut. Tidak harus menunggu lama, karena status pinjaman akan diinformasikan dengan cepat dan jelas lewat aplikasi mobile Tunaiku secara lengkap. 

Melalui aplikasi mobile Tunaiku, Anda juga bisa menghubungi call center via fitur live chatnya. Aplikasi pinjaman online ini sangat berguna ketika dibutuhkan pada kondisi darurat. 

2. Dapat Dengan Mudah Membatalkan Pinjaman

Setiap individu yang membutuhkan sumber modal dari Tunaiku dapat mengajukan pendanaan paling kecil di angka Rp. 20 juta dan paling rendah di angka Rp. 2 juta. Saat ini, aplikasi Tunaiku juga memberikan fitur seperti membatalkan pinjaman sehingga dapat digunakan dengan baik oleh peminjam.

3. Memiliki Kesempatan Mengajukan Pinjaman Kembali

Apabila sebelumnya pinjaman yang diajukan ditolak oleh layanan Tunaiku, maka Anda masih memiliki kesempatan untuk mengajukannya kembali. Inilah kelebihan pinjaman Tunaiku yang memberikan kemudahan melalui fitur-fitur aplikasinya hanya dalam genggaman pengguna. 

Suntikan Dana Investor  sebagai Sumber Modal Usaha

Berbagai bisnis kini lebih mudah dimulai karena keberadaan para investor. Namun, setiap pebisnis yang menggunakan bantuan dana investor harus mampu menggerakkan dan memastikan keuntungan yang akan diberikan kepada pihak tersebut. Bisnis yang tidak memiliki gol akhir tidak akan mau dibiayai oleh investor. Hal ini jelas, sebab tujuan dari para investor membiayai bisnis Anda adalah untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. 

Jadi, manakah yang lebih baik antara dana pribadi atau dana investor sebagai sumber modal usaha tergantung dari seberapa mampu Anda menggerakkan bisnis tersebut. Jika lebih percaya diri dengan dana pribadi saat situasi pandemi, Anda bisa memanfaatkan pinjaman Tunaiku. Sekian.