• Berita Bisnis dan UKM

Seperti yang kamu ketahui membuka sebuah usaha di bidang kuliner memang akan selalu menjanjikan, hanya saja kamu harus tahu jika sektor kuliner itu sangatlah luas. Misalnya makanan ringan, minuman, menjual makanan berat dan masih banyak lagi.

Tetapi jika kamu perhatikan belakangan ini banyak sekali orang yang memilih untuk membuka usaha kuliner dengan menjual camilan, karena memang yang tidak bisa dipungkiri hampir semua orang itu sangat suka ngemil.

Rekomendasi ide usaha makanan ringan

Jika kamu memang ingin dan memiliki niat untuk menjadi seorang pengusaha pada bidang makanan ringan, modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar bahkan hanya dengan Rp 50.000 saja siapapun sudah bisa memulai usaha ini. Lalu kira-kira apa saja jenis camilan yang direkomendasikan untuk dijadikan bisnis?

  • Telur Gulung

Belakangan jajanan telur gulung kembali menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Padahal sebenarnya jajanan yang satu ini sudah dikenal lama apalagi di antara anak-anak sekolah dasar, karena memang biasanya para penjual telur gulung kerap mangkal di depan sekolah.

Untuk harganya sendiri tentu relatif murah yaitu per 1 tusuk dihargai Rp 1.000 atau ada juga yang menjualnya Rp 2.000 karena jauh lebih tebal. Namun akhir-akhir ini telur gulung mulai dijual di dalam mall atau menjadi menu andalan di beberapa Cafe.

  • Cireng

Kedua adalah cemilan khas dari kota Bandung terbuat dari tepung tapioka yang digoreng dan setelah matang memiliki tekstur kenyal. Apalagi jika bukan cireng atau kepanjangannya aci digoreng. 

Belakangan cemilan yang satu ini memiliki banyak variasi misalnya cireng isi, lalu ada juga cireng yang menggunakan bumbu rujak sebagai cocolannya, ada juga cireng yang dibuat gepeng kemudian ditaburi dengan berbagai jenis bumbu.

  • Hotang

Bagi kamu yang menyukai film-film atau drama Korea tentunya sudah tidak asing dengan camilan yang disebut dengan hotang, jajanan ini merupakan hot dog namun berbahan dasar kentang dimana isian dari hot dog ini sama seperti umumnya yaitu sosis hanya saja penyajiannya dengan cara ditusuk seperti sate. 

Untuk toppingnya sendiri tidak terlalu berbeda jauh dengan hotdog pada umumnya yaitu menggunakan mayones dan juga saus. Bila biasanya hotdog itu di panggang, hotang harus digoreng, serupa dengan roti goreng.

  • Martabak Pizza

Untuk jenis makanan ringan yang satu ini bisa dikatakan sebagai cemilan khas Indonesia dan dapat ditemukan hampir di semua kota. Hanya saja untuk martabak pizza ini tentunya mempunyai tampilan yang berbeda dari martabak pada umumnya.

Jika martabak manis biasanya mempunyai isi hanya satu rasa atau paling banyak dua, untuk martabak pizza ini pembeli bisa meminta isian lebih banyak dan bila biasanya martabak akan dilipat untuk martabak pizza ini akan dibiarkan berbentuk utuh sesuai dengan cetakannya hanya nanti akan dipotong seperti pizza.

  • Aneka Gorengan

Makanan ringan yang selanjutnya adalah gorengan. Sudah pasti hampir semua orang menyukai jenis makanan ini dan kamu juga bisa menemukan penjual gorengan di mana saja. Namun, bila kamu mau sedikit berinovasi.

Walaupun sama-sama menjual gorengan tetapi kamu bisa memberikan kreasi sendiri, misalkan gorengan tersebut dibuat dalam ukuran satu kali makan dan bisa ditambahkan dengan bubuk  perasa sesuai keinginan pembeli.

  • Sosis Bakar

Rekomendasi usaha yang terakhir adalah membuka bisnis sosis bakar dan bakso-baksoan. Belakangan sangat diminati cemilan berupa bakaran, biasanya yang dijual seperti sosis, bakso ikan, nugget dan lainnya. 

Nantinya bahan makanan ini dibuat serupa dengan sate yang biasanya dalam satu tusuk berisi 3 sampai 4 biji, namun khusus untuk sosis biasanya hanya satu saja karena sosis memiliki ukuran yang berbeda.

Untuk harganya sendiri tentu ini tergantung di mana tempat tinggalmu misalnya di kota Solo kebanyakan jenis jajanan seperti ini per satu tusuknya dijual dengan kisaran harga Rp 2000 sampai Rp 5000 atau lebih.

Tips usaha makanan ringan

Bisnis makanan ringan memang terkesan mudah serta menjanjikan, namun kamu harus ingat usaha apapun bila dilakukan setengah hati maka tidak akan bisa berkembang dengan baik. Karena dalam pelaksanaannya tetap membutuhkan persiapan yang matang agar tidak mengalami kegagalan.

Berikut dibawah ini hal beberapa tips yang bisa memberikan pengaruh baik dalam mencapai sebuah kesuksesan bagi para pebisnis, yaitu :

  • Kualitas bahan haruslah yang terbaik

Makanan ringan memang mempunyai nilai jual yang tidak begitu tinggi, karena memang tujuannya agar konsumen membelinya berulang kali dalam jangka waktu dekat. Namun, walau begitu kamu harus tetap menjaga kualitas makanannya.

  • Selalu berinovasi

Seperti yang diketahui bersama, bila usaha pada bidang kuliner mempunyai persaingan yang cukup ketat. Sehingga kamu haruslah bisa memberikan ide-ide baru, agar para konsumen tidak cepat bosan dan selalu mencari produk kamu.

  • Strategi penjualan harus tepat

Sekarang ini hampir di semua sektor usaha mempunyai kemungkinan untuk mempromosikan produk buatannya dengan online maupun offline. Termasuk bila kamu memutuskan berbisnis makanan ringan, guna meningkatkan penjualan. Kamu harus mampu mengenali pasar potensial dan memperluas pemasarannya dengan memanfaatkan jejaring sosial.

Demikianlah tadi beberapa ide bisnis yang bisa kamu jalankan apabila tertarik untuk memasarkan makanan ringan. Buatlah rencana bisnis yang matang, ide bisnis makanan ringan ini juga bisa dijalankan di desa-desa lho! 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.