• Berita Bisnis dan UKM

Di dalam suatu perusahaan, laporan keuangan begitu berperan besar terhadap perkembangan seluruh bisnis yang dijalankan perusahaan. Tujuan utama dengan didirikannya sebuah perusahaan pasti salah satunya agar dapat memperoleh untung yang sebanyak mungkin.

Akan tetapi bisa atau tidaknya sebuah perusahaan mendapatkan keuntungan serta mempertahankan perusahaan tersebut tergantung dari manajemen keuangan yang diterapkan serta memperoleh manfaat atas laporan keuangan yang diterapkan. Perusahaan perlu mempunyai kinerja manajemen-nya yang sehat serta efisien untuk memperoleh laba atau keuntungan.

Maka dari itu kinerja sektor keuangan adalah hal terpenting bagi semua perusahaan apapun dalam persaingan bisnisnya untuk selalu mempertahankan perusahaan. Keahlian perusahaan agar memperoleh keuntungan merupakan kunci utama perusahaan untuk bisa dikatakan memiliki kinerja yang baik, sebab keuntungan adalah komponen keuangan yang juga sebagai alat atau sisi untuk menilai bagus atau tidaknya dari kinerja perusahaan tersebut

Pastinya hal ini akan sangat mempengaruhi keberlangsungan  akan perusahaan tersebut untuk maju serta bekerja sama oleh perusahaan lain, dan menjadi salah satu hal yang dapat memperlihatkan kinerja suatu perusahaan tersebut bagus atau tidaknya yakni dari sisi laporan keuangan yang diterapkan.

Pengertian Laporan Keuangan

Secara umum pengertian dari laporan keuangan yaitu sebuah ringkasan atau rekapan dari sebuah proses pencatatan finansial perusahaan, laporan keuangan yang ada dari berbagai macam transaksi keuangan yang dilakukan dalam satu periode tertentu atau tahun buku perusahaan. Pada proses pembuatan rekapan atau laporan keuangan ini harus lewat proses audit agar isi laporan teruji dan hasilnya bisa lebih akurat.

Penyusunan atau pencatatan laporan keuangan tersebut bertujuan sebagai langkah mempertanggungjawabkan semua kegiatan yang sudah direncanakan pada pencapaian hasilnya. Sejatinya, sebuah laporan keuangan atau catatan keuangan perusahaan adalah hasil yang didapat dari proses akuntansi yang merupakan sarana komunikasi atau penghubung antara data kegiatan atau data keuangan sebuah perusahaan terkait terhadap aktivitas atau data tersebut

Umumnya laporan keuangan kerap disebut juga sebagai produk atau hasil akhir daripada proses akuntansi. Disusunnya rekap keuangan perusahaan ini bertujuan untuk bisa menyediakan informasi terkait posisi keuangannya dalam bentuk laporan keuangan, perubahan yang ada pada keuangan  serta kinerja sebuah perusahaan yang mempunyai manfaat untuk penggunaan laporan keuangan pada saat pengambilan kebijakan atau keputusan.

Sederhananya, dengan memiliki laporan keuangan yang akurat, pihak perusahaan bisa dengan mudah membangun rencana kedepannya, mana yang harus diperbaiki, mana yang harus ditingkatkan dan yang mana harus dipertahankan. Semua upaya tersebut guna untuk memajukan perusahaan agar semakin mudah mencapai target yang diinginkan.

Manfaat Laporan Keuangan

Bisa dikatakan Manfaat dari laporan keuangan ini begitu berpengaruh untuk semua pihak, yakni pihak internal dan pihak eksternal. Nah, berikut ini telah dirangkum beberapa manfaat penerapan laporangan keuangan, antara lain:

1.       Pengelola (Manajemen & Direksi)

Manfaat dari laporan keuangan terhadap manajemen perusahaan yakni memberi informasi yang dipakai dalam proses pengambilan keputusan, melakukan budgeting, mengevaluasi pergerakan bisnis, gingga kontrol internal. Apabila sebuah rekapan atau laporan keuangan yang ada memang sudah akurat, maka pihak pengelola perusahaan terkait dapat mengambil kebijakan atau keputusannya dengan mudah dan dijalur yang tepat sebab bermodal dari data-data yang valid.

2.       Investor atau Owner

Berikutnya manfaat dari laporan keuangan terhadap seorang owner atau investor berkepentingan oleh informasi yang berkaitan dengan resiko serta investasi modal usaha. Informasi ini akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan atau kebijakan apakah harus mengurangi modal, menambahnya atau bahkan menjual saham. Akan tetapi selain itu, pihak investor tersebut juga harus menilai kemampuan dari perusahaan dalam membayarkan bagi hasil atau dividen.

3.       Supplier

Berkaitan dengan manfaat dari laporan keuangan perusahaan, pihak supplier serta para pemberi pinjaman jangka pendek lain berkepentingan terhadap informasi yang memperlihatkan kemampuan dari perusahaan dalam membayar pinjaman jangka pendeknya. Laporan keuangan ini akan sangat membantu pihak supplier terkait untuk menentukan total piutang yang akan diberikan sekaligus jangka waktunya.

4.       Pemberi Pinjaman

Tentunya pihak yang memberi pinjaman memerlukan informasi mengenai kemampuan perusahaan tersebut dalam membayar hutang dan juga beban bunga yang diberikan sesuai tenggat waktu yang diberikan. Lewat laporan keuangan perusahaan ini bisa membantu pihak pemberi pinjaman ini dalam menentukan besaran plafon, beban bunga serta jangka waktu alias tenor.

5.       Pemerintah

Pihak pemerintah atau negara, begitu memerlukan yang namanya laporan keuangan dari sebuah perusahaan yang berdiri di wilayah kenegaraan. Manfaat dari laporan keuangan ini bagi pemerintah adalah bisa menilai dan mengukur kemampuan perusahaan terkait dalam membayar pajak negara. Maka dari itu, manfaat dari rekapan atau laporan keuangan ini sangat membantu pihak pemerintah untuk merancang laporan pajak untuk semua masyarakat bahkan untuk para perusahaan sekalipun.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.