• Berita Bisnis dan UKM

Kamu punya hobi membuat kerajinan tangan? Nah, coba gunakan kemampuan tersebut untuk mendatangkan uang. Dengan memanfaatkan kreativitas, kamu bisa menghasilkan produk-produk bernilai jual. Saat ini, bisnis kerajinan tangan memiliki potensi besar karena peminatnya cukup banyak. Apalagi tidak semua orang mampu terampil dan ingin meluangkan waktunya untuk menghasilkan kerajinan dengan keunikan tersendiri.

Apa itu Kerajinan Tangan dan Bagaimana Fungsinya?

Merupakan salah satu kegiatan seni yang mengolah berbagai bahan baku di sekitar memakai keterampilan tangan. Bahan-bahan dari kerajinan tangan bahkan bisa dari barang bekas pakai. Karena masing-masing orang punya kemampuan berbeda, tentu hasilnya sangat beragam. Selain untuk kebutuhan pribadi, sebagian orang yang jeli melihat peluang bisnis, terutama para seniman dapat membangun bisnis kerajinan tangannya sendiri.

Berikut adalah dua fungsi utama dari kerajinan tangan:

  •       Fungsi keindahan, berarti kerajinan tangan dibuat untuk dinikmati secara visual. Seperti patung dan lukisan yang tidak mengutamakan kegunaannya.
  •       Fungsi pakai, berarti kerajinan tangan tidak hanya dibuat sebagai hiasan saja. Namun lebih mengarah kepada fungsi dari benda tersebut, seperti cangkir dan piring dengan berbagai pola gambar.

Peluang Bisnis dari Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan semakin diminati masyarakat luas. Bidang ini pun seperti tidak musiman, karena masih eksis dari waktu ke waktu. Seni merupakan hal yang fleksibel, sehingga dapat menyesuaikan perkembangan zaman dan mengikuti tren terbaru. Jadi, apabila pengrajin mampu menerima perubahan, maka dipastikan akan bertahan lama.

Bisnis kerajinan tangan dapat menjadi peluang bagi siapa pun. Baik itu karyawan kantor, pelajar, ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan orang-orang yang belum mendapat pekerjaan. Asal mampu mengolah bahan-bahan bekas, maka kamu tidak harus keluar modal besar. Misal, kamu mengolah kembali botol plastik bekas atau botol kaca menjadi pot bunga, tempat lilin, atau benda lain yang berguna.

Jika ingin menghasilkan barang-barang seni berkualitas, tak ada salahnya menggunakan bahan lain. Semakin cantik dan bagus, maka akan semakin diminati konsumen. Sambil membuat kerajinan tangan, kamu dapat mempromosikannya di media sosial pribadi, group chat, atau pasang iklan untuk menjangkau lebih banyak target pasar.

barang bekas

Beberapa Ide Bisnis dari Kerajinan Tangan

Para pelaku bisnis kerajinan tangan dapat memanfaatkan tren akan suatu barang dan mempromosikannya secara online. Karena pada saat tersebut, pasti ada banyak orang mengikutinya. Nah, berikut kami punya beberapa referensi ide bisnis kerajinan tangan untuk kamu coba:

1.      Barang dari Botol Bekas

Kamu dapat menyulap botol plastik bekas pakai menjadi pot bunga atau tempat pensil. Agar lebih menarik, tambahkan hiasan berupa tali goni atau pewarna. Sementara untuk botol kaca dapat dibuat menjadi lampu gantung atau lampu meja yang menarik. Semakin unik maka semakin meningkat harga jualnya.

2.      Aromaterapi

Peminat aromaterapi sekarang cukup banyak. Benda ini difungsikan sebagai alat relaksasi, baik dalam bentuk lilin maupun sabun. Selain mempertimbangkan aroma, kamu juga harus membuat bentuk yang unik dan menarik agar mampu bersaing dengan para kompetitor.

3.      Aksesoris

Pembuatan aksesoris bernilai jual tinggi dapat memanfaatkan resin, manik-manik, kain perca, dan lain-lain. Seperti anting-anting, kalung, gelang, jepit rambut, dan masih banyak lagi yang bisa dijual. Kunci sukses berbisnis aksesoris adalah kejelian melihat tren. Sebagai contoh, kamu membuat tali masker beraneka bentuk dan warna dari manik-manik.

4.      Hampers

Salah satu ide bisnis kerajinan tangan dengan peluang cukup menjanjikan adalah hampers. Barang ini sering dicari ketika seseorang ingin memberikan buah tangan, hadiah, atau kado secara praktis. Nah, kamu dapat menjual hampers buatan sendiri atau membelinya dari orang lain. Keahlian yang dibutuhkan adalah teknik penyusunan barang, kerapian, dan hiasan yang membuat hampers terlihat menarik.

5.      Barang Hasil Merajut

Tidak semua orang memiliki kemampuan merajut. Maka dari itu kamu bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk membuat barang-barang kerajinan tangan. Seperti tas, topi, baju, dan berbagai aksesoris lainnya. Tambahkan hiasan agar semakin menarik. Supaya hasil rajutan lebih rapi, silahkan cari bahan kain yang halus.  

Tips Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

Saat terjun ke dunia bisnis, terutama untuk bidang kerajinan tangan, kamu dapat mengawalinya dengan mudah jika mengikuti langkah-langkah berikut.

  •       Sesuaikan hobi agar kamu nyaman melakukannya. Kegiatan bisnis akan lebih menyenangkan bahkan kamu merasa tidak sedang bekerja.
  •       Melakukan inovasi produk yang sesuai tren dan kebutuhan konsumen.
  •       Menentukan jenis produk kerajinan tangan. Misal kamu hobi merajut, mungkin dapat menjual produk-produk seperti tas, tempat hp, dan aksesoris lainnya sesuai kebutuhan pasar.
  •       Rajin melakukan promosi sebagai langkah pengenalan produk. Semakin gencar mempromosikan produk, maka akan menjangkau lebih banyak orang di wilayah yang sama atau bahkan di luar daerah. Kamu dapat memanfaatkan sosial media, website, dan menyusun strategi digital marketing yang baik.

Demikian pembahasan tentang potensi bisnis kerajinan tangan di tengah persaingan. Semoga bermanfaat.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.