• Berita Bisnis dan UKM

Memperbaiki dan menjaga arus kas adalah langkah penting yang harus lakukan oleh setiap pebisnis. Sepenting apapun model usaha Anda dan sebanyak apapun keuntungan yang didapatkan, bisnis Anda tidak dapat selamat jika tidak sanggup mengatur arus kas perusahaan. 

Pada sebuah studi mengungkapkan jika ada 82% bisnis yang gulung tikar sebab tidak bisa mengelola arus kas perusahaan dengan benar. Jika Anda mencari aspek penting apakah yang harus difokuskan dan mempunyai pengaruh besar dalam bisnis, jawabannya adalah arus kas perusahaan. 

Bisnis yang telah maju umumnya mempunyai budget lebih menjadi penopang guna membantu mereka yang mungkin saja dihadapkan dengan ketidakstabilan atau kekurangan modal. Biasanya bisnis yang sedang berkembang tidak seperti itu sebab jika pun mempunyai budget lebih, umumnya mereka akan menginvestasikan budget tersebut pada hal lain sehingga memiliki cadangan menjadi penopang. 

Sementara itu, tentunya selalu ada kebutuhan mendadak yang wajib dipenuhi oleh perusahaan sehingga dapat mengganggu arus kas. Jika tidak dikelola dengan benar pastinya bisa merusak biaya untuk keperluan lainnya. 

Pentingnya Mengecek Arus Kas Perusahaan 

Walaupun terlihat sepele, tetapi terdapat banyak manfaat jika Anda tetap memprioritaskan pengelolaan arus kas untuk bisnis Anda. 

1. Memprediksi shortfall 

Shortfall adalah keadaan di mana realisasi anggaran jauh lebih rendah daripada target yang sudah ditetapkan sebelumnya, atau terkadang pun disamakan seperti defisit anggaran. Jika Anda bisa mengelola arus kas perusahaan dengan benar, manfaat uang bisa Anda dapatkan yaitu bisa mengetahui datangnya shortfall lebih cepat bahkan beberapa bulan sebelum terjadi shortfall. 

2. Terhindar dari frustasi 

Pentingnya mengatur arus kas bisnis yaitu guna menghindari frustasi yang seharusnya tidak terjadi. Anda harus tahu jika memberikan banyak perhatian pada arus kas perusahaan Anda bisa mengurangi tingkat stres. 

Kecemasan yang selalu dialami para pengusaha umumnya yaitu mengeluarkan uang guna membayar tunggakan tanpa tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi pada arus kas dan khawatir akan apa yang sedang dikerjakannya bisa membuahkan hasil yang banyak atau tidak. 

Tentu saja, akan lebih bagus jika Anda telah benar-benar mengetahui seluruh pergerakan arus kas perusahaan Anda, apalagi jika Anda telah mempunyai cadangannya, sehingga hal apa saja yang terjadi, sudah bisa Anda hadapi dengan kepala dingin. 

3. Tahu waktunya untuk berkembang 

Jika Anda memperhatikan dan mengelola arus kas perusahaan dengan baik, maka nantinya Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Misalnya, walaupun Anda mempunyai uang sebesar Rp 1 miliar di bank, tidak pasti juga Anda bisa memakainya guna keperluan tertentu. 

Untuk itu, dengan melakukan analisa arus kas perusahaan dengan benar, Anda bisa tahu kapan waktunya menyimpan uang untuk dana darurat, kapan waktunya uang digunakan untuk kebutuhan operasional dan kapan waktunya Anda akan mengeluarkan uang guna membuka cabang baru. 

4. Membuat perusahaan lebih percaya diri 

Arus kas perusahaan yang bagus juga dianggap bisa meningkatkan reputasi perusahaan Anda di hadapan institusi permodalan atau investor. Misalnya, jika terjadi shortfall dan Anda memerlukan pinjaman untuk modal, umpamakan pinjaman dari bank, arus kas yang bagus bisa meningkatkan kepercayaan dan bisa mendorong Anda untuk memperoleh pinjaman tersebut. 

5. Lebih akurat 

Biasanya arus kas perusahaan lebih akurat dibandingkan dengan budget. Budget dipakai untuk sebuah hal yang ingin Anda wujudkan, berbeda dengan arus kas yang bisa memberitahu Anda apa yang saat ini sedang terjadi di perusahaan sehingga masalah apa yang perlu Anda hadapi esok hari. 

Jadi, bila Anda berharap untuk selalu dapat mengembangkan bisnis, berpegangan dengan pergerakan dari arus kas perusahaan Anda sebab apa yang Anda peroleh akan sangat akurat jika arus kas bisa dikelola dengan benar. 

Untuk itu, jangan hanya berfokus untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya, sebab arus kas perusahaan adalah satu bagian yang wajib mendapatkan tempat menjadi salah satu prioritas utama Anda untuk mengembangkan bisnis. 

bisnis

6. Bisa mengelola hutang 

Tentunya beberapa perusahaan mempunyai pinjaman ke bank baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dimana, masing-masing pinjaman tersebut perlu dibayar setiap bulannya sehingga mengurangi investasi bisnis dan membatasi arus kas. 

Supaya arus kas bisnis tetap dalam keadaan baik, cobalah untuk mempertimbangkan bila Anda ingin mengajukan pinjaman guna keperluan bisnis. Pikirkan secara matang tentang pinjaman tersebut, apakah kedepannya hutang itu menjadikan arus kas memburuk atau dapat menambah keuntungan sebab dipakai untuk mengembangkan usaha?  

Dan wajib diperhatikan, arus kas yang baik bisa memudahkan Anda untuk membayar cicilan hutang dengan tepat waktu. Sesudah mengetahui pentingnya arus kas ini, Anda selaku pebisnis bisa mulai memperbaikinya. 

Mempunyai arus kas yang positif bisa memudahkan Anda untuk melakukan pinjaman modal dan memperoleh modal usaha yang besar dari para investor. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda yang ingin terjun di dunia bisnis.  

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.